Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Bappeda Kota Pekalongan Berpartisipasi dalam Pekalongan Batik Night Carnival 2023

28-10-2023 09:35:51

Pkalongan, 28 Oktober 2023 - Pada Perayaan Hari Batik Nasional 2023, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pekalongan turut berpartisipasi dalam Pekalongan Batik Night Carnival 2023 yang digelar pada Sabtu malam, 28 Oktober 2023.

Dalam karnaval yang berlangsung meriah, Bappeda Kota Pekalongan mengenakan kostum dengan tema "Topo Kalong," yang mengangkat legenda Kota Pekalongan. Legenda tersebut bercerita tentang tokoh bernama Ki Joko Bau (Bau Rekso) yang melaksanakan ritual topo kalong dengan cara unik, yaitu membalikkan badan hingga kepala bergantung ke arah bawah, dan dari situlah muncul nama "Pekalongan."

Kostum "Topo Kalong" yang dikenakan oleh Bappeda Kota Pekalongan sangat representatif dengan corak batik yang sarat makna. Kostum ini menggambarkan kesuburan, kesejahteraan, rahmat Tuhan, kesaktian, ambisi, kebahagiaan, dan kewibawaan. Di dalamnya, terdapat motif api yang mencerminkan kesaktian, motif buketan yang melambangkan kebahagiaan, dan motif benji pada sayap bawah yang menggambarkan keberlimpahan dan kemurahan rejeki. Kostum ini juga dilengkapi dengan sebilah keris yang menjadi pusaka dengan makna-makna dan lambang-lambang di dalamnya, menjadi tuntunan bagi warga Kota Pekalongan dalam menjalani hidup secara benar, baik, dan seimbang.

Partisipasi Bappeda Kota Pekalongan dalam Pekalongan Batik Night Carnival 2023 adalah bagian dari upaya mempromosikan budaya batik lokal dan memperingati Hari Batik Nasional. Kehadiran Bappeda dalam karnaval ini juga merupakan ungkapan kecintaan terhadap Kota Pekalongan dan warisan budayanya.